Friday, May 25, 2007

Makanan Kucing & Anjing Tercermar Racun


Hati-hati membeli makanan kucing yang basah atau kalengan (wet). Berbagai Merk makanan anjing dan kucing di Amerika dan Kanada tercemar racun tikus. Pihak berwenang dan produsen makanan hewan melakukan penarikan berbagai produk mereka yang diduga tercemar. Makanan yang tercemar tersebut umumnya diproduksi antara 6 desember 2006 s/d maret 2007.

Makanan ini tercemar racun tikus yang terdapat dalam gluten yang diimpor dari Cina. Penyelidikan lebih lanjut diketahui makanan tersebut tercemar zat melamin. Melamin diketahui dapat menyebabkan kerusakan ginjal akut. Dalam 24 jam, kucing atau anjing mengkonsumsi makanan tercemar tersebut menunjukkan gejala kerusakan ginjal.

Penarikan besar-besaran dilakukan setelah banyak anjing dan kucing yang sakit dan mati dengan ciri-ciri kerusakan dan gagal ginjal.

Tips untuk pemilik kucing

Jangan khawatir dan takut berlebihan, sebagian besar makanan yang tercemar tersebut tidak dijual di Indonesia. Sebagian besar makanan yang tercemar adalah makanan basah/ kalengan.

Lihat Daftar makanan tercemar di link yang terdapat di bagian bawah artikel ini.

Hati-hati bila membeli makanan basah atau kalengan. Periksa kemasannya dan baca keterangan asal produksi dan waktu pembuatan makanan. Makanan yang tercemar diproduksi antara 6 Desember 2006 s/d maret 2007

Perhatikan negara asal produksi yang tertera di kemasan. Sebagian besar makanan kucing yang beredar di Indonesia berasal dari Jepang, Thailand, Malaysia dan Australia.

Luangkan waktu lebih untuk mengawasi kucing kesayangan anda. Perhatikan bila ada sakit atau hal yang tidak wajar, segera bawa kucing kesayangan anda ke dokter hewan terdekat.

sumber : www.cnn.com


Daftar Makanan Anjing & Kucing yang tercemar
http://www.menufoods.com/recall/product_cat.html

source : kucingkita.com